Waroeng Spesial Sambal (Gedong Kuning) : Mau Cobain 32 Macam Sambal? Di Sini Tempatnya!

July 20, 2018

EAT AND CULINARY

WARUNG SPESIAL SAMBAL (GEDONG KUNING)
MAU COBAIN 32 MACAM SAMBAL? DI SINI TEMPATNYA!

Sambal Mangga Muda Kesukaan
SAMBAL MANGGA MUDA cuma salah satu jenis sambal diantara 32 macam sambal yang ditawarkan di WAROENG SPESIAL SAMBAL. Dan karena sambal mangga muda inilah alasan kenapa nisya jadi sukaaa sekali makan di sini. Basic-nya dari sambal terasi yang kemudian dicampur potongan mangga muda, rasanya pedes asem segerrr...


Penghujung Juni 2018...
Saya dan Shinta, rekan kerja saya, berburu makan siang yang nggak biasa. Karena bosan dengan jajanan dekat tempat kerja, kami bergerak sedikit ke utara. Jujugan makan siang kami akhirnya jatuh pada salah satu cabang WAROENG SPESIAL SAMBAL. Kami menyambangi salah satu cabangnya yang belum lama buka, yang terletak di bilangan GEDONG KUNING, Yogyakarta.

Bagi KAWAN RANSEL pecinta kuliner penyetan dan sambal, ‒terutama yang pernah tinggal atau singgah di KOTA JOGJA, nama warung ini pasti sudah nggak asing lagi, WAROENG SPESIAL SAMBAL. Atau lebih dikenal dengan sebutan WARUNG SS. Ada pula yang hanya menyebut singkatannya saja, SS. Sesuai tajuknya, WAROENG SPESIAL SAMBAL menjadikan sambal sebagai bintang utama dalam sajian spesialnya...


WAROENG SPESIAL SAMBAL menyediakan menu makanan yang tak jauh berbeda dengan warung penyetan pada umumnya. Menyajikan berbagai lauk olahan tempe, tahu, ikan, jamur, ayam, belut, udang, telur, bebek, terong, dan lain sebagainya. Pilihan lauk dapat disajikan dengan cara digoreng maupun dibakar. Semuanya ada 28 jenis lauk... Menu sayurannya juga beraneka ragam, mulai dari cah jamur, cah kangkung, lalapan, sampai sayuran berkuah seperti sayur asem dan sayur lodeh. Ada 14 macam sayuran yang bisa dipesan...

Baca Juga :

Dan yang jadi jawara adalah sambalnya! Nggak tanggung-tanggung, WAROENG SPESIAL SAMBAL menyajikan 32 jenis  sambal, coy! Mulai dari sambal terasi, sambal bawang, sampai sambal yang aneh-aneh kayak sambal belut, sambal mangga, dan sederet sambal-sambal lainnya. Setau saya, tempat makan ini salah satu tempat makan yang menyediakan jenis sambal terbanyak *Tolong koreksi kalo aku salah ya gaes... (CMIIW). Jenis minuman yang disediakan juga tak kalah banyak, ada 29 jenis minuman yang bisa dipilih. Kurang apa cobak?!


Bosan dengan ayam, saya memilih memesan nila bakar untuk lauk utamanya dan dilengkapi dengan seporsi lalapan, ‒yang isinya kol, timun, selada, taoge kecil, daun kemangi, kacang panjang, dan daun singkong rebus (ini buat berdua sama shinta). Saya masih nambah semangkok sayur asem, yang rasanya seger banget, isi sayurnya juga macem-macem. Sambalnya, tentu saja saja memesan SAMBAL MANGGA MUDA! Sementara Shinta pesan ayam goreng dan cah kangkung, untuk sambalnya dia pesan sambal matang. Sambal itu memang jadi kesukaan dia, biasanya saat makan dia campur dengan kecap kesukaannya yang dia bawa sendiri dari kampung halamannya. Kalo’ minumannya, aku pesan es jeruk peras, sedangkan shinta es jeruk nipis. Nasinya disajikan dalam cething yang terbuat dari bambu, porsinya sesuai dengan pesanan.


Cabang WAROENG SPESIAL SAMBAL yang terletak di seputaran Gedong Kuning ini masih termasuk baru ketika aku dan shinta menyambanginya ke sana. Masih mengusung konsep yang sederhana, tapi saya merasakan suasana yang berbeda saat pertama kali memasuki area tempat makannya, ‒yang terbilang cukup luas. Di beberapa cabang lain, saya selalu merasakan suasana yang ribut dan semrawut: ruangan yang panas, letak meja yang terlalu berdekatan, karyawan yang mengobrol saat bekerja, suara keras para pengunjungnya ‒semuanya seolah balapan biar kedengaran. Karena alasan itulah saya jadi jarang makan di sini...

Tapi suasana tersebut tidak lagi saya rasakan di cabang ini, suasana di sini cenderung santai. WAROENG SPESIAL SAMBAL Cabang Gedong Kuning ruangannya luas, bagian depan bukaan ruangannya lebar, langit-langitnya pun tinggi jadi tidak terlalu panas ketika di dalam ruangan. Walaupun pengunjung terlihat asyik mengobrol, tapi tidak terdengar berisik. Karyawannya pun juga nggak ada yang ngobrol saat bekerja kecuali untuk koordinasi. Untuk waktu tunggu dari pesan sampai hidangan keluar memang cukup lama, tapi sya rasa itu wajar ya karena harus antri sesuai urutan pesanan.



Di WAROENG SPESIAL SAMBAL Cabang Gedong Kuning, ada tempat makan pakai meja, dan tempat makan lesehan, tinggal pilih saja, bebasss. Sekarang di Waroeng Spesial Sambal terutama di Cabang Gedong Kuning, semua pesanan dicek manual. Jadi karyawannya akan mendatangi tiap meja untuk memastikan semua pesanan sudah diantar *Ketauan banget jarang makan di sini, hihihi. Untuk harganya, cukup terjangkau kantong, apalagi buat mahasiswa atau karyawan kantoran kayak saya.

Fasilitas lainnya ada toilet dan musholla. Minusnya di cabang ini cuma satu, belum tersedia tempat cuci tangan yang memadai. Ada keran air di bagian depan dan disediakan sabun cuci tangan, tapi menurut saya belum mengakomodasi kebutuhan cuci tangan para pengunjungnya. Mungkin ke depannya, pengelola bisa menambahkan tempat cuci tangan beneran. Area parkir di sini terbilang luas, ‒terutama untuk motor. Untuk yang bawa mobil, bisa diparkir di bagian terluar di pinggir jalan.


WAROENG SPESIAL SAMBAL Cabang Gedong Kuning lokasinya ada di UTARA PEREMPATAN GEDONG KUNING. Tepatnya di Jl. Janti (Arah menuju je JEC)

Jam Buka :
Sabtu – Kamis : 10.00 – 22.00 (Last Order)
Khusus Jumat : 13.00 – 22.00 (Last Order) *Karyawannya mau jumatan duluk...


Baca Artikel #BLOGRANSELMUNGIL sebelumnya yuk, nggak kalah menarik lho...

‒ Teks dan Foto oleh : Nisya Rifiani / Juli 2018 ‒
:: Don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe