Perpustakaan Bank Indonesia, Sajikan Koleksi Literasi Ekonomi dan Perbankan

July 30, 2018


TRAVEL AND ADVENTURE

PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA
SAJIKAN KOLEKSI LITERASI EKONOMI DAN PERBANKAN


Tak banyak yang tahu, Kantor Perwakilan BANK INDONESIA Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai layanan Perpustakaan Bank Indonesia yang dibuka untuk umum. Perpustakaan Bank Indonesia berada di kawasan titik nol Kota Yogyakarta, tepatnya menempati Gedung Heritage Eks-De Javache Bank Kantor Bank Indonesia lama, Jl Pangeran Senopati No. 4 – 6 Yogyakarta. Pada awalnya, Perpustakaan BANK INDONESIA hanya boleh diakses oleh karyawan Bank Indonesia saja. Tetapi sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan akses terhadap literasi ekonomi dan perbankan maka Perpustakaan BI dibuka untuk umum sejak tahun 1990.

Fasilitas yang ditawarkan Perpustakaan BANK INDONESIA ini sangat lengkap. Koleksi literasi berfokus pada bidang ekonomi, moneter, keuangan, dan perbankan. Selain buku, koleksi Perpustakaan Bank Indonesia mencakup publikasi Bank Indonesia, Lembaga Pemerintah, Jurnal Nasional, beragam majalah ekonomi maupun umum, dan kliping. Koleksi yang berbentuk fisik hanya dapat dibaca di Perpustakaan dan belum bisa dipinjam. Tetapi, Perpustakaan BANK INDONESIA mempunyai katalog buku, jurnal, data statistik dalam bentuk digital dan dapat diakses secara on-line. Ruang baca juga sangat nyaman dan luas.

Perpustakaan BANK INDONESIA juga dilengkapi dengan jaringan internet yang cepat, wifi, café, dan ruang baca yang nyaman. Tak ketinggalan, Perpustakaan Bank Indonesia juga menyediakan ruang anak dan berbagai koleksi buku dan permainan edukatif untuk anak. Sehari-harinya, Perpustakaan ini sepi pengunjung. Rata-rata jumlah pengunjung yang datang ke Perpustakaan BANK INDONESIA ini hanya 10 hingga 20 orang per harinya. Mayoritas dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Tetapi beda ceritanya jika ada acara kunjungan Perpustakaan dari sekolah atau instansi terkait lainnya, bisa jadi Perpustakaan ini ramai sekali.

Ya, Perpustakaan BANK INDONESIA juga menerima kunjungan dari sekolah, universitas, maupun instansi untuk berkunjung ke Perpustakaan BI salam rangka memberikan edukasi dalam bidang ekonomi dan perbankan untuk masyarakat pada umumnya. “Perpustakaan ini diharapkan memberi sumbangsih bagi kalangan pendidikan dan masyarakat umum,” kata Dewi Setyowati selaku Pimpinan BI Yogyakarta. Perpustakaan BANK INDONESIA buka pada setiap hari senin hingga kamis mulai pukul 08.00 – 16.00 dan hari jumat mulai pukul 08.00 – 13.00.

Masyarakat yang mengunjungi Perpustakaan BANK INDONESIA wajib menunjukkan kartu tanda pengenal yang masih berlaku dan ditukar dengan visitor card serta mengisi buku tamu pengunjung di lantai 1. Setelah itu naik ke lantai 2, bisa menggunakan lift maupun dengan tangga. Visitor card ditukar kembali dengan kartu tanda pengenal pada saat akan meninggalkan Perpustakaan.

(Nisya Rifiani)

You Might Also Like

16 comments

  1. Ngga ada foto kenangan, eh, foto liputan lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto kenangan? Adaaa... Boleh dipublish po?
      Baru mau rencana mau foto ulang ini, kak...

      Delete
    2. Foto liputan, maksudnya. Kalo ada foto kenangan, yo disimpen aja baek-baek.
      Jadi mau ke BI lagi? Ati-ati. Di sana banyak .................
      bis.
      Kan kasian bisnya kalau nyenggol kamu.

      Delete
    3. Owh, bukan foto kenangan yaa, kirain... Iya mau kesana lagi, mau ikot...?
      .
      Duh, kasian banget ya bus nya...

      Delete
  2. harus pakai dress code ga mba masuknya? Soalnya aq suka pakai sandal gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingatku sih enggak mba, asal pakai pakaian rapi aja...

      Delete
  3. Hmmm... penasarannnnn.
    Btw bacaannya kelas berat tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan koleksinya sih memang tentang ekonomi dan perbankan. Tapi ada juga majalah yang ringan-ringan buat dibaca...

      Delete
  4. Waaa dulu waktu aku SD pernah ke siniii ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbok renen meneh, btw nggo nongki yo enak lho iki,,, cuma nggak boleh makan-minum...

      Delete
  5. Weeehhh aku malah baru tauuu ni Nisya. Makasih infonya, mau ajak Piki ke sini untuk menambah wawasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehehe... tapi aku dah lama banget nggak ke sini. Bacaannya berat-berat.. mungkin piki bagian di playground dan buku anak ja kali yaa...

      Delete
  6. Wah, terbatas juga ya kalau hanya 10 sampai 20 orang sehari yang bisa berkunjung. Semoga ada kesempatan belajar lebih jauh tentang keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi sya belom update lagi... Di sana super sepi dan nggak boleh berisik soalnya akan mengganggu pengunjung lain...

      Delete
  7. Wah aku juga baru tahu nih. Kapan-kapan ajak anak ke sana ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa, Mak Di, anak-anak lebih cocok di bagian buku anak, ada tempat bermainnya...

      Delete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe