Masjid Al Bahar, Tempat Ibadah Berarsitektur Megah di Arosbaya, Bangkalan

February 08, 2018
TRAVEL AND ADVENTURE

KUBAH DAN MENARA MASJID PENCAKAR LANGIT


“Saat berada di puncak kesuksesan, pandangi langit di atasmu, sadari betapa megahnya jagad raya, pahami betapa kecilnya manusia. Jangan jumawa, atau angkuh pada sesama, karena hakikatnya manusia sama derajatnya.”

Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Pulau Madura), mungkin kamu bisa menyempatkan datang ke masjid ini. Masjid Al Bahar namanya, terletak di Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Pulau Madura). Masjid ini adalah ikon Kecamatan Arosbaya, konon masjid ini adalah masjid termegah pertama di Bangkalan. Masjid Al Bahar juga dikenal dengan julukan Masjid 100 Lampu, mungkin karena banyak lampu di masjid ini.

 Sholat di tempat ini tenang sekali suasananya, dan ada beberapa orang yang mengaji.

Desain arsitektur masjidnya begitu indah, kubah dan menaranya menjulang seolah akan mencakar angkasa. Kalau nggak salah, masjid ini terdiri dari tiga lantai, memiliki satu kubah besar dan dua kubah kecil, serta empat menara. Bagian depan masid ada serambi di lantai satu dan dua, dan bagian belakang ada tempat wudhu yang luas. Memasuki tempat wudhu harus melewati kolam air. Sya nggak sempet menjelajah setiap sudutnya, hanya masuk ke tempat wudhu dan tempat sholat di lantai 2.


Sebenarnya, sya hanya singgah sebentar di masjid ini untuk menunaikan sholat ashar (ketika perjalanan menuju ke Bukit Kapur Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan). Beruntung, sya sempat mengabadikan gambar bangunan masjid, dengan latar belakang semesta ciptaan-NYA. Sependek pengamatan sya, sebagian dinding di masjid ini catnya mulai pudar dan di beberapa bagian mulai mengelupas. Mungkin karena usia masjid yang cukup tua. Menurut sumber lain, masjid ini juga memiliki asrama.

HOW TO GET THERE
Masjid Al Bahar lokasinya persis di pinggir jalan, begitu mencolok karena terlihat dari kejauhan. Memang kompleks masjid ini merupakan tempat yang tepat untuk pemberhentian saat melakukan perjalanan. Lahan parkirnya luas, di dekat masjid juga ada beberapa warung yang menjajakan snack ringan, makanan maupun minuman. Lokasinya bersebelahan dengan SPBU, jadi sekalian saja yang mau recharge bbm bisaaa banget!

[ Map ]


Masjid Al Bahar
Jl. Raya Tengket, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Pulau Madura). Kode Pos 69151.

Meski hanya singgah sebentar, tetapi cukup memberikan kesan yang mendalam bagi sya.

:: Keterangan Foto 1 ::
Sya mengambil foto dari sebelah selatan. Kalau angle-nya diambil dari depan mungkin hasilnya bisa lebih bags lagi, ya.

‒ Teks by : Nisya Rifiani / Februari 2018 ‒
‒ Photo 1 by : Nisya Rifiani ‒
Photo 2 by : Shinta Wuri Handayani ‒

:: Please don’t copy any materials in this blog without permission ::

No comments:

Powered by Blogger.