D'Ayam Crispy, Ayam Goreng Crispy Saus Pedas Favorit di Jogja

February 22, 2018

EAT AND CULINARY

MENIKMATI AYAM GORENG CRISPY DENGAN SAUS HOT AND SPICY


Beberapa waktu terakhir, menu ayam goreng tepung dengan bermacam saus kekinian mulai menjamur. Makin banyak tempat kuliner berinovasi mengembangkan menu ayam crispy bersaus dan menyajikannya sebagai menu utama. Di Jogja, ada restoran ayam crispy bersaus yang selalu ramai pengunjung.

D’Ayam Crispy, jadi primadona baru kuliner ayam crispy bersaus, kadang antreannya sampai mengular... Sekilas, D’Ayam Crispy seolah mengingatkan kita dengan restoran serupa yang lebih dulu ada. Pasti kalian sudah bisa menebaknya... Terlebih saat di Jogja belum ada restoran yang sya maksud itu, D’Ayam Crispy menjadi tempat jujugan favorit untuk menikmati ayam tepung bersaus. Tempat makan siap saji ini menyediakan menu ayam crispy dengan beberapa pilihan saus kekinian, ada saus keju, saus korea, dan saus barbeque. Saus ini disajikan dalam level pedas dan bisa di-request sesuai dengan selera customer, mulai dari level 1 sampai 5. Untuk taste lokal, D’Ayam Crispy menyediakan menu ayam tepung dengan saus rendang. Menurut pengelolanya, saus yang paling diminati oleh customer adalah hot and spicy.


SOAL RASA, JANGAN DITANYA, PEDAS DAN MANTAP! COCOK BAGI PENCINTA KULINER PEDAS.

Penyajiannya pun cukup unik, ayam crispy digoreng dengan tepung seperti biasa, setelah matang ayam crispy dicelupkan ke dalam saus hot and spicy sesuai level pedas yang dipesan customer. Menariknya, D’Ayam Crispy juga menyediakan semangkuk mungil saus keju di setiap menunya. Saus keju ini juga bisa dipesan terpisah. Harga yang ditawarkan sangat bersahabat bagi kantong. Menu dibandrol mulai dari Rp. 6.000,- hingga Rp. 25.000,-. Bila ingin lebih hemat, D’Ayam Crispy juga menyediakan pilihan paket. Kualitas rasa yang enak di lidah dan harga yang murah, maka tak heran bila D’Ayam Crispy banyak menarik peminat pencinta kuliner Jogja.

Selain menyajikan ayam crispy bersaus, D’Ayam Crispy juga menyajikan menu lainnya. Seperti Chicken Bento Teriyaki, Rice in Box, Burger, Kentang Goreng, dan lainnya. Hingga saat ini, ada 5 cabang D’Ayam Crispy yang tersebar di Kota Jogja.

SEBAGAI PENGGEMAR AYAM, PENGGEMAR KEJU, DAN PENGGEMAR PEDAS, TENTU SYA SENENG BANGET DENGAN KEHADIRAN PRODUK INI.
Salah satu outlet-nya bahkan letaknya nggak terlalu jauh dengan rumah dan kantor sya, makin girang kan... Tapi sya bukan tipe customer yang langsung mencoba produk saat ada launching produk baru. Pun dengan produk ini, sya baru mencoba makan di restoran cepat saji ini saat udah nggak terlalu happening... Hahaha *LOL

Menu favorit sya adalah Ayam Saus BBQ –yang taste-nya lebih ke pedas manis, dan Ayam Saus Korean –yang taste-nya lebih ke asam-pedas. Khusus Ayam Saus Korean, saat penyajian ditambahkan taburan biji wijen putih diatasnya, yup jadi berasa korea banget! Beberapa kali sya jajan di restoran ini, so sya sangat familiar dengan rasa dan tekstur yang disajikan. Overall menu-menu yang disajian cocok di lidah saya. Dan sya tidak selalu menikmati menu-menu itu di outlet yang sama, jadi saya pernah mencicipi di beberapa outlet, dan nggak hanya sekali dua kali saja.

UNTUK LEVEL RASA PEDASNYA, ANTARA OUTLET SATU DENGAN YANG SATUNYA TERNYATA BERBEDA.
Misalnya, Ayam Saus BBQ Pedas Level 2 di Outlet Nologaten lebih pedas dibanding dengan Ayam Saus BBQ Pedas Level 2 di Outlet Gedong Kuning. Tapi Ayam Saus Korean Level 3 di Outlet Gedong Kuning lebih pedas dibanding dengan Ayam Saus Korean Level 3 di Outlet Nologaten. Tekstur (kekentalan) dan warna saus jenis yang sama di setiap outlet juga berbeda. Hal-hal kecil seperti ini sejatinya lebih diperhatikan lagi untuk menjaga kualitas produknya. Rasa saus kejunya sendiri tekturnya lumayan kental tapi rasanya nggak terlalu cheezy.

Untuk minumannya, saya selalu memesan es teh, karena harga minuman itu paling murah diantara harga minuman yang lain (biar ngirit aja). Rasa es teh cenderung plain dan sama sekali tidak manis.

D’Ayam Crispy Outlet Gedong Kuning (Deket Kantor)
Jl. Gedong Kuning

[Map]




Sya sangat menyayangkan ketika mendapatkan produk gagal saat jajan di salah satu outletnya.
Sya memesan Ayam Saus BBQ Level 2. Ekspektasi sya seperti biasanya, sya akan menikmati ayam krispi dengan balutan saus kental berwarna merah yang pedasnya (sudah) cocok dengan lidah sya... Tapi, keraguan menggelitik otak sya ketika melihat penampakan warna saus yang tidak berwarna merah gelap seperti biasanya, malah cenderung berwarna orange muda. Dilihat dari teksturnya juga encer dan tidak kental. Dan benar saja ketika saya mencicipi rasanya sangat sangat sangat jauh berbeda dengan rasa yang biasanya...

Rasa sausnya cenderung plain, tidak ada rasa BBQ. Juga sama sekali tidak pedas... Saya lebih shock lagi ketika membuka bungkusan nasinya. Biasanya nasi hangat yang dibalut dengan kertas roti berwarna putih itu pulen, empuk dan enak. Nah ini, nasinya lembek dan lengket, hampir mirip bubur padat... Untuk tehnya, tidak ada rasa teh, dan sometimes ada rasa kecut. (Maaf) Seperti teh basi...

Saya sebenernya sudah nggak selera lagi menyantap menu itu. Tapi apa boleh buat, tetap saya paksa makan lantaran merasa udah bayar. Sayang banget kalo’ nggak dimakan... Entah kenapa, sama sekali tidak terlintas untuk komplain saat itu juga. Sya malah makan dengan tenangnya, padahal sebaliknya... Sya sudah nggak berselera makan karena makanan yang sya makan sama sekali tidak enak!

Sya nggak sempat memotretnya...
Sya sangat ingin menyampaikan kritik ini kepada pihak manajemen. Sya pun celingak-celinguk, kali ada nomor hotline yang tertera untuk melayangkan pengaduan. Tetapi nomor hotline untuk pengaduan layanan tidak tercantum baik di outlet maupun di media sosialnya. Karena itu, sya tulis kritik ini melalui blog pribadi sya, dengan harapan supaya pihak manajemen membacanya dan memperbaiki kualitas produknya.

SEMOGA WAKTU ITU SYA LAGI SIAL AJA...
Bagi sya, restoran fast food ini termasuk yang favorit. Jadi, setelah pengalaman yang tidak mengenakkan itu saya nggak kapok jajan di sini lagi. Benar, ketika kembali jajan di sini, cita rasa yang disajikan kembali seperti semula. Harapan sya sih, pihak manajemen bisa menjaga kulaitas produknya. Jangan sampai kejadian yang menimpa sya terulang lagi...

Dari segi pelayanan, saya cukup terkesan dengan kesigapan karyawan mereka–dimana pun outletnya. Cuman, beberapa kali saya temui karyawan di bagian kasir bingung sendiri dengan pesanan customer. Kayaknya, sistem kasir dengan aplikasi di tab-nya yang bikin sering gagal fokus. Terlebih, dia sendiri yang juga menyajikan menu untuk tamu...

‒ Teks & Foto by : Nisya Rifiani / Oktober 2017 ‒
:: Please don’t copy any materials in this blog without permission ::

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe