Tresna Art Madura, Tempat Berburu Souvenir Khas Madura

September 01, 2017
TRAVEL AND ADVENTURE

UNIKNYA TRESNA ART MADURA
TEMPAT BERBURU BERBAGAI SOUVENIR KHAS MADURA

 
TRESNA ART MADURA MEMANJAKAN PENGUNJUNG SEJAK MEMASUKI GAPURA DEPAN. SUASANA TRADISIONAL MENYAMBUT DATANGNYA TAMU PEMBURU BUAH TANGAN KHAS MADURA. DI GERBANG DEPAN, LUKISAN MURAL DAN DEKORASI SENI DI DINDINGNYA MENGIRINGI TAMU MEMASUKI GALERI SENI INI.

Halaman depan Tresna Art Madura begitu asri dengan hadirnya sebuah taman mungil yang dipenuhi dengan banyak koleksi tanaman bonsai dan berbagai macam kaktus. Ada sebuah tugu batik gentongan, ikon batik khas Madura. Bangunan utama berarsitektur khas Madura yang bernuansa eksklusif, bagian depan galeri ada joglo mungil, ada pula taman kecil di depannya. Di antara joglo dan galeri, ada kolam ikan yang ukurannya tak begitu besar, di atas kolam ada pula jembatan mungil.



Ada ruang tunggu di samping teras di depan galeri Tresna Art Madura. Desainnya juga unik dan khas, spot ini cocok untuk berfoto. Setiap tamu yang datang disambut dengan minuman khas Madura yaitu minuman jahe dan biddang poka’ (kopi MMadura) +plus pisang rebus. Kopi Madura yang disajikan rasanya berbeda karena diseduh bersama dengan kayu manis dan rempah-rempah. Sekarang saya tidak begitu doyan dengan kopi, tapi bagi para penikmat kopi, kopi khas ini tentu menambah ragam citarasa kopi yang pernah dicecap. Selain kopi, juga disediakan camilan dan minuman khas lainnya. Welcome drink and snack ini bisa diicip-icip secara gratis...

Tresna Art Madura merupakan pusat batik tulis dan pusat informasi Budaya Madura. Tempat ini menyediakan batik tulis unik dan berkualitas, motifnya pun khas dan macam-macam. Lengkap, mulai dari Batik Tulis Tanjung Bumi Bangkalan, Batik Tulis Ghentongan, Batik Tulis Pamekasan, dan Batik Tulis Sumenep. Tak heran, galeri ini mengusung tagline “Citra Batik Tulis Madura”.


Koleksi Tresna Art Madura didatangkan dari penjuru Pulau Madura, untuk batik tulis mayoritas didatangkan dari Pasar Tujuh Belas Agustus, Pamekasan, Madura. Pasar ini merupakan sentra penjualan batik khas Madura. Pasar ini  ramai pada hari pasarannya, yaitu setiap kamis dan minggu. Bahan kain batik yang dijual di galeri ini juga bagus dan berkualitas. Ada pula batik tulis yang berusia tua, kalau yang satu ini bandrol harganya bisa jutaan. Sayangnya, saya tidak bisa melihat proses pembuatan batiknya ketika berkunjung ke sana...

Selain itu, galeri seni ini juga menyediakan souvenir, seperti pecut, odheng, atau kerajinan lainnya. Di Tresna Art Madura kita juga bisa berbelanja aneka camilan dan makanan khas, seperti otok, petis, rung terung, kacang lorjuk, kripik gayam, jhuko’ kerreng, dan lain-lain. Galeri seni ini juga menyediakan dekorasi dinding seperti lukisan, ukir-ukiran, serta meubel seperti meja dan kursi. Jika datang di hari minggu, jika beruntung kita akan mendapat tahjin sobih (bubur manis khas madura), tentu gratis.



Di sini, desain interior mayoritas dihiasi dengan ukir-ukiran khas Madura. Suasana Tresna Art Madura begitu nyaman, dijamin pengunjung betah berlama-lama menikmatinya. Banyak sudut yang instagramable banget karena dasainnya artistik, bagus banget buat photoshot. Lihat saja foto-foto saya, itu belum semuanya lho, masih banyak koleksi foto saya yang belum saya bagi di media sosial.

Suasana semakin menghanyutkan karena ada lantunan musik khas madura mengalun di penjuru ruangan. Di taman belakang kita bisa menjumpai kebun salak, ketika salak berbuah pengunjung boleh memetik dan menikmatinya tanpa membayar. Untuk lebih mengenal Budaya Madura, para pengunjung bisa melihat dan bertamu ke Rumah Adat Madura, yang terletak di belakang galeri. Rupanya Tresna Art Madura tidak main-main dalam menjamu para tamunya, mereka benar-benar menghadirkan suasana daerah yang kental...


Hj. Rr. Supiatun Amin, Pemilik Tresna Art Madura, membangun galeri seni ini bukan semata untuk menjual barang seni sadja, tetapi juga melestarikan seni budaya Madura. Dahulu, galeri miliknya ini menjadi tempat berkumpul para Seniman Madura. Kini, ketenarannya tak perlu diragukan lagi... Konsistensinya dalam melestarikan budaya daerah membuat nama galeri ini semakin berkibar dan menjadi tempat jujugan (tujuan), baik bagi warga lokal, turis domestik, maupun turis mancanegara.

Tresna Art Madura letaknya tersembunyi, namun mudah ditemukan. Alamatnya ada di Jl. KH Mohammad Kholil XII 29 Demangan, Bangkalan, Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur (Pulau Madura).
Kode Pos 69115. Lokasinya dekat dengan Jembatan Suramadu...

[Map Tresna Art Madura]


Dengan berkunjung ke Tresna Art Madura, kita tidak perlu berkeliling ke pelosok pulau karena di sini kita bisa mendapatkan batik, souvenir, dan makanan khas Madura.
Saya seneng banget lho bisa datang ke Tresna Art Madura, Juli 2017 (meski tajuknya perjalanan liputan). Terima kasih kepada Kawan-Kawan Kurir Sedekah Rombongan Bangkalan, Madura, yang ngajak saya jalan-jalan (dan foto-foto) di sini.

‒ Teks by : Nisya Rifiani / Agustus 2017 ‒
‒ Foto : Zamroni & Shinta Wuri H. ‒

:: Please don’t copy any materials in this blog without permission ::


2 comments:

  1. sekarang wisata amduar banayk dikunjungi shg toko spt ini banyak bermuculan juga ya agar memudahkan wisatawan mencari oleh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, iya kah? Waktu saya ke madura kemarin, hanya toko ini yang saya kunjungi... :)

      Delete

Powered by Blogger.