Nglathak, Delicious Satai Klathak Ever

July 14, 2017
EAT & CULINARY STORY

SATE KLATHAK KEKINIAN DENGAN TASTE UNIK MENGGELITIK

 

PENGEN NYICIP SATE KLATHAK KEKINIAN DENGAN SENSASI YANG BERBEDA? EMANG ADA? TENTU AJA ADA! NISYA BAKAL NGAJAK KALIAN BERKUNJUNG KE NGLATHAK. PLACE WHERE YOU CAN FIND DELICIOUS SATAI KLATHAK EVER.

Kawan ransel pasti udah pada tahu kan kuliner sate klathak yang baru-baru ini booming. Potongan daging kambing muda yang dibumbui dengan garam, merica, atau rempah-rempah lain. Lalu ditusuk dengan tusukan yang berbeda dari tusukan bambu biasa, yakni menggunakan tusukan jeruji sepeda. Ukuran daging sate klathak umumnya lebih besar dibanding sate kambing biasa.
Sederet warung sate klathak biasa ditemui di kawasan Jl. Imogiri, Jogja. Wah, jauuhhh ya… Eits, tenang aja, sekarang kita bisa menikmati sate klathak di tengah Kota Jogja. Tepatnya, di Warung Nglathak, yang lokasinya ada di dekat dua kampus besar ternama, UNY dan UGM.

Nglathak mengusung menu-menu istimewa olahan daging kambing, salah satu menu adalannya jelas sate klathak, dengan berbagai macam varian seperti sate klathak biasa dan sate klathak manis (disajikan dengan kecap. Menu lain yang ditawarkan hampir sama dengan warung sate lainnya seperti gulai, tongseng, dan tengkleng. Bagi yang tidak suka menu kambing, Nglathak juga menyediakan menu ayam goreng dan berbagai snack lainnya.

BRING SOMETHING NEW, KAYAKNYA ADALAH HAL YANG INGIN DILAKUKAN OLEH OWNER NGLATHAK, M. SUBROTO, ATAU YANG AKRAB DISAPA DENGAN SAPAAN MAS TO.
Bulan Juli 2017 ini, Nglathak meluncurkan varian kekikian sate klathak yaitu SATE KLATHAK MOZARELLA. Menu ini tentu hanya ada di warung ini… Ketika Nisya berkunjung ke sana, Nisya sempatkan untuk mencicipinya lho, Kawan Ransel. Bagi Nisya, sate klathak berselimut keju mozarella ini rasanya unik banget. Penyajiannya dengan nasi hangat, kuah gulai yang kental, dan rempeyek cabe yang renyah. Menggugah selera banget kaannn…

Dagingnya juga enak, arti enak di kamus kuliner kambing adalah dagingnya empuk, nggak bau prengus (bau kambing), dan bumbunya terasa meresap sampai ke dalam dagingnya. Paduan daging dan keju mozarella yang lembut menghasilkan cita rasa yang berbeda dengan sate klathak di warung pesaingnya. Ini menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Warung Nglathak.


Ohya, Kawan Ransel, ada satu menu lagi yang nisya rekomendasikan, nasi goreng kambing!
Di luar sana, nisya ogah yang namanya makan nasi goreng kambing. Kan biasanya bau prengus gitu yah, udah gitu dagingnya alot (tidak empuk, sulit dikunyah) dan minyak lemaknya banyak. Tapi berbeda dengan di sini, nasi goreng kambing di sini penuh rempah, dan sekali lagi, dagingnya empuk, nggak bau prengus, dan minyak lemaknya minimalis.
Taste Nasi Goreng kambing di sini lebih ke citarasa timur tengah, pedas dan kaya rempah. Buat Nisya, level pedas nasi goreng kambing ini masih terlalu pedas di lidah nisya. Sebelum memesan ada baiknya konsultasi sama pelayannya, seberapa pedas rasa yang diinginkan. Terus yang bisa jajan di sini cuma yang doyan kuliner kambing aja? Tentu saja Tidak! Warung Nglathak juga menyediakan menu non-kambing, seperti menu ayam goreng.

TIDAK SEKEDAR MENYEDIAKAN MENU DENGAN RASA BERKUALITAS, NGLATHAK JUGA MEMBAWA PENGUNJUNG MENIKMATI SUASANA YANG BERBEDA.
Memasuki Nglathak, kita akan merasakan konsep modern minimalis. Tempatnya nggak terlalu besar, tapi suasananya cukup nyaman dan hommy banget. Karena memang warung ini menempati bagian depan sebuah rumah. Suasana makin nyaman dengan hadirnya dekorasi minimalis di dinding-dindingnya. Konsumen Nglathak rata-rata mahasiswa dan dewasa muda. Yup! Kata Mas To warung ini sengaja dibuka di dekat kampus karena target konsumennya para mahasiswa. Karena itu, bandrol harga menu di warung ini cukup terjangkau.

Harga Menu di Klathak.
Asyiknya, harga menu makanan di sini cukup ramah di kantong. Bandrol harga sate klathak mulai dari Rp. 20.000,-. Sedangkan snack dan menu lain harganya bervariasi mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-

:: HOW TO GET THERE ::

Nglathak ada di Jl. Gambir, Karangasem Baru, Gang Seruni No. 07, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman, DIY, Indonesia.

[Map]


Lokasinya memang agak nyempil, nggak di pinggir jalan besar. Ancer-ancernya, utara Fakultas Peternakan UGM, atau selatan Masjid Nurul Asri. Meski sedikit tersembunyi, tapi mudah dicari kok… Nglathak buka mulai pukul 12.00 sampai 22.00. Datang ya!

Social Media :
Fanpage Facebook : Nglathak
Instagram : @Nglathak
Twitter : @Nglathak

‒ Review by : Nisya Rifiani / Juli 2017 ‒
Header Foto (gambar sate) dijepret oleh : Mas Yugo
:: Please don’t copy any materials in this blog without permission ::

2 comments:

  1. jadi penasaran banget dengan kehitsnya sate ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan datang dan coba sendiri kak...:)

      Delete

Powered by Blogger.