Wisata Edukasi Bhumi Merapi Kaliurang

January 27, 2017
TRAVEL & ADVENTURE
WISATA EDUKASI
BHUMI MERAPI KALIURANG 


Liburan Tiba! Ini saatnya pergi ke luar, cari suasana baru untuk me-recharge pikiran! Buat kamu yang ada di Jogja, atau berencana liburan ke Jogja, salah satu tempat wisata baru ini mungkin bisa jadi alternatif destinasi kamu nanti. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam dan nuansa pegunungan yang masih asri. Tak ketinggalan, ada banyak kegiatan edukatif yang bisa kamu ikuti. Penasaran? Ini dia AGRO WISATA BHUMI MERAPI!

Medio Desember 2016, sya berkesempatan jalan-jalan bersama kawan blogger jogja. Kami mengunjungi salah satu tempat wisata yang masih terbilang baru, namanya Agro Wisata Bhumi Merapi. Tempat wisata ini berada di Jl. Kaliurang Km. 20 Dusun Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Tak sulit menemukan tempat ini, dari pusat kota lewat Jl. Kaliurang lurus terus ke utara, di Km. 20 ada papan besar yang menunjukkan lokasi Agro Wisata Bhumi Merapi. Berbeloklah ke kanan (timur), dan masuk sekitar 50 meter untuk sampai ke tempat ini.


Karena letaknya ada di lereng gunung berapi, sudah pasti pemandangan dan alamnya masih asri, udaranya pun bersih tanpa polusi. Ketika pertama kali masuk, kita akan disambut pemandangan Gunung Merapi. Beberapa kuda besar dan kuda poni berada di mini istal tak jauh dari tempat parkir. Pengunjung boleh naik kuda ini untuk berkeliling kawasan agro wisata bagian luar. Sebagian besar Agro Wisata Bhumi Merapi terdiri dari lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan, dengan berbagai macam biota. Mari kita jelajahi bersama...

Pertama, sya dan kawan blogger menjelajah peternakan kambing dari jenis etawa dan senen. Kami merasakan pengalaman memberi makan kambing dan memerah susu kambing. Sya sih cuma nyoba memberi makan kambing aja, nggak ikutan merah-merah, agak geli rasanya, hihihi... Kambing-kambing di sini dikelola dengan baik, kandangnya bagus, untuk bibit unggul juga disendirikan kandangnya. Di Agro Wisata Bhumi Merapi juga menyediakan produk susu kambing diantaranya susu segar, ice cream, dan yoghurt.

Ini Kak Mini foto bareng ular~ 

Setelah itu kami lanjut ke taman kelinci, ada peternakan kelinci pedaging dan peternakan kelinci hias dari berbagai ras. And you know, mereka semua cute-cute, salah satunya ada yang berwarna putih dengan bola mata merah... Ishhh, rasanya pengen bawa pulang dia, tapi karena sya tau bakal kena omel mama jadi sya terpaksa mengurungkan niat itu. Di taman kelinci ini ada juga taman umbaran kelinci dan berbagai aplikasi pengolahan limbah kelinci, bibit unggul kandangnya juga dipisah di kandang vvip...

Jika selama ini kamu hanya bisa melihat musang di film naruto, di Agro Wisata Bhumi Merapi ini kamu bisa lihat langsung wujud aslinya –tapi tentu ekornya nggak berjumlah sembilan yaaa. Elzha, salah satu kawan blogger, heboh banget pengen gendong si musang tapi geli karena harus pegang perut dan buntutnya. Akhirnya karena nggak tahan gelinya, dia nggak jadi gendong si musang berbulu cokelat tua ini, hahaha. Agro Wisata Bhumi Merapi juga punya koleksi berbagai reptil, mulai dari ular dan kura-kura (eh, kura-kura reptil bukan ya? Hehehe).

Kehebohan terus berlanjut di unit reptil. Mini, kawan blogger, ngotot banget pingin minta foto bareng ular gede besar. Eh, tiba giliran dia foto, malah nggak berani! *Eh, sama kayak sya sih, haaa... Oh ya, salah satu unit di Agro Wisata Bhumi Merapi yang buat sya terkesan adalah taman hidroponic-nya yang ditanami berbagai macam sayuran seperti sawi, selada, dan kangkung. Agro Wisata Bhumi Merapi ini berbatasan langsung dengan Kali Kuning. Cocok bukan untuk wisata alam, camping dan outbond? Terlebih karena di agro wisata ini juga tersedia bumi perkemahan (camping ground) dan area outbond (outbond training).



Disamping wisata agro dan alam, pengunjung juga bisa menelusuri situs sejarah, yaitu Goa Ponggolo. Goa ini memilik panjang sekitar 350 meter dengan lebar dua hingga maksimal tiga meter saja. Goa ini memiliki aliran air cukup deras, jika musim hujan cocok untuk kegiatan caving atau rafting. Sebelum ada pengunjung yang masuk menjelajahi goa, tim pemandu masuk terlebih dahulu untuk memastikan semuanya aman baik dari tanaman maupun hewan berbahaya. Pintu masuk goa ini ada di bagian lain, justru yang berada di Agro Wisata Bhumi Merapi ini adalah tempat finish-nya, atau pintu keluar goa.

Selesai menjelajahi Agro Wisata Bhumi Merapi, tentu kaki terasa pegal dan perut terasa lapar. Tapi jangan khawatir, ada tempat beristirahat sekaligus tempat makan. Letaknya ada di sebelah barat tempat agro wisata, namun masih menjadi satu kesatuan dengan tempat agro wisata. Makanan dan camilan yang disajikan begitu khas, yaitu sayur dan lauk ndeso. Perjalanan sya kali ini dimanjakan dengan makanan dengan menu sayur lodeh, oseng jantung pisang, tempe goreng, dan lain-lain. Oya, bagi yang ingin cemilan, teh hangat dan pisang goreng adalah pasangan ciamik untuk menikmati harimu...



Nisya Foto bareng blogger yang beruntung dapet voucher tikel masuk festival of light. 

Satu lagi! Sebelum pulang, para blogger yang hadir boleh mencoba wahana kuda, gratizzz! Rejeki blogger baik nih dapet gratisan naik kuda satu putaran... Satu per satu para blogger naik kuda, sayang banget sya nggak bisa ikutan naik kuda karena waktu itu sya saltum: pake rok dan nggak pake legging. Jalan-jalan kali ini ditutup dengan foto bersama blogger. Masih ingin beli oleh-oleh atau merchandise? Agro Wisata Bhumi Merapi menyediakan merchandise corner, kamu bisa memilih berbagai macam merchandise mulai dari kaos, gantungan kunci, atau beragam kerajinan. 

Biaya masuk ke Agro Wisata Bhumi Merapi terbilang murah, hanya dengan menebus tiket seharga Rp. 10.000,- per orang kita bisa menikmati berbagai taman dan wahana di sini. Dan untuk menikmati fasilitas lainnya kita masih harus merogoh kocek lagi. Tapi tenang, biayanya murah kok, tak lebih dari harga tiket masuk –kecuali untuk naik kuda. Selain yang sya ceritakan di atas, masih ada paket wisata lainnya. Jika kamu ingin camping keluarga silakan hubungi nomor telepon narahubung yang akan sya sebutkan di akhir tulisan ini untuk mendapatkan berbagai macam info seputar tempat wisata ini...

Buat closing, nisya kasih foto nisya yang lagi gaya ini... 

Agro Wisata Bhumi Merapi cocok banget untuk wisata keluarga. Kalo’ yang belum berkeluarga??? Ya cari pasangan biar cepat berkeluarga! *tunjuk hidung sendiri (terus kabur). Seru kan perjalanan sya kali ini bersama kawan blogger?! Dalam kesempatan ini sya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara acara kumpul blogger kali ini yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Sering-sering ajak kami ya... *Mulai ngelunjak. Sampai ketemu di liputan jalan-jalan sya berikutnya. Ciaowww... (Nisya Rifiani)

#

Agro Wisata Bhumi Merapi



Jl. Kaliurang Km. 20 Dusun Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY

(Belakang Balai Desa Hargobinangun)

Narahubung : 083840810999

Terima kasih sudah berkunjung ke blog nisya...
Salam, Nisya Rifiani

- Teks by :: Nisya Rifiani / Januari 2017 -
Semua foto diambil dari kameranya Kak Setia Adi Firmansyah

:: Please don't copy any materials in this blog without permission ::

No comments:

Powered by Blogger.