Berkunjung Ke Taman Pustaka Arief Rahman Hakim di Jogjakarta

June 11, 2013
TRAVEL & ADVENTURE

TAMAN PUSTAKA ARIEF RAHMAN HAKIM


TAHUKAH KAMU SIAPA ARIEF RAHMAN HAKIM???
BELIAU MERUPAKAN AKTIVIS PADA MASA KEPEMIMPINAN PRESIDEN SOEKARNO. IA SEORANG PEMUDA AHMADIYAH YANG JUGA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA. IA GUGUR PADA MASA ORDE LAMA, KEMUDIAN DIANGKAT MENJADI PAHLAWAN AMPERA. NAMANYA KINI DIABADIKAN MENJADI SALAH SATU NAMA TAMAN PUSTAKA YANG ADA DI KAWASAN KOTABARU, YOGYAKARTA.

Taman Pustaka Arief Rahman Hakim atau ARH terletak di Jalan Atmosukarto No. 15 Kotabaru Yogyakarta. Taman pustaka ini termasuk dalam kategori perpustakaan khusus, yaitu perpustakaan yang dikelola oleh organisasi masyarakat tertentu dan memiliki koleksi pustaka khusus. Taman Pustaka ARH dikelola oleh Yayasan Ahmadiyah. Pada awalnya, ARH didirikan untuk mendukung visi dan misi yayasan tersebut dan berfungsi sebagai pusat informasi khusus. Namun pada perkembangannya, ARH kemudian terbuka bagi masyarakat luas terutama bagi mereka yang memerlukan informasi tentang keagamaan.
Taman Pustaka Arief Rahman Hakim memiliki banyak koleksi buku bertemakan keagamaan. Bukan hanya agama Islam saja, tapi juga agama dan kepercayaan lain. Koleksi buku teks berjumlah lebih dari 500 judul buku. Selain buku teks, koleksi lainnya berupa kitab, majalah, newsletter, dan lain sebagainya. Fasilitas yang ada di taman pustaka ini antara lain : koleksi baik buku dan/atau majalah, ruang baca, wi-fi, tv channel. Pendataan koleksi dan inventarisasi di taman pustaka ini sedang dalam tahap komputerisasi. ARH mempunyai situs yang menyediakan buku-buku koleksinya dalam bentuk digital (e-book) dan dapat di-download secara gratis.
Jumlah pengunjung Taman Pustaka Arief Rahman Hakim ini termasuk minim, rata-rata 3 – 10 orang per minggu. Pengunjung taman pustaka mayoritas mahasiswa S2 dan S3 yang membutuhkan bahan referensi tentang studinya, atau masyarakat yang ingin lebih tahu tentang aliran ahmadiyah. Selain itu, Taman Pustaka ARH juga kerap menerima kunjungan kolektif dari sejumlah instansi misalnya dari Kementrian Agama, Forum Lintas Agama, dan sekolah-sekolah yang bernafaskan ahmadiyah seperti SMA PIRI.
Taman Pustaka Arief Rahman Hakim buka setiap hari senin hingga jumat mulai pukul 08.00 hingga 20.00. Hari sabtu buka mulai pukul 08.00 – 17.00, sedangkan hari minggu dan hari libur nasional tutup. Untuk meminjam koleksi Taman Pustaka ARH, ada sejumlah syarat dan kondisi yang harus kita patuhi misalnya meninggalkan kartu identitas jika ingin meminjam pustaka tertentu. ARH juga mempunyai kegiatan lain di luar kegiatan kepustakaan, diantaranya adalah kegiatan diskusi, kegiatan pameran, dan kegiatan sosial. 
Salah satu kegiatan sosial adalah donor darah. Donor darah ARH rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, jadi dalam setahun ada empat kali kegiatan donor darah. Kegiatan seperti ini diorganisasikan oleh pengelola perpustakaan dan sejumlah volunteer. Rizqi Baihaqi adalah salah seorang volunteer di Taman Pustaka ARH. Rizqi sudah hampir tiga tahun menjadi volunteer di Taman Pustaka Arief Rahman Hakim.
 “Menjadi volunteer tidak mendapatkan kontraprestasi berupa gaji, namun mengelola taman pustaka ini sangat menyenangkan. Banyak hal yang saya temukan disini. Ini sudah menjadi passion saya,” kata Rizqi sambil tersenyum ramah. Selain menjadi volunteer, ia juga terlibat dalam pengelolaan Taman Pustaka Arief Rahman Hakim. ARH memiliki komitmen untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pustaka yang berkaitan dengan keagamaan dan ARH berusaha untuk terus berkembang. (Nisya Rifiani/2013)


 




 
Teks & Foto by :: Nisya Rifiani

No comments:

Powered by Blogger.